Program Magister

Tujuan (profil lulusan)

Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Ekonomi bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu mengevaluasi permasalahan sosial dan ekonomi dengan memilih teori ekonomi dan metode empiris terkini, serta menghasilkan kajian ilmiah yang bersifat kritis dan memuat pemecahan masalah melalui pendekatan inter atau multidisipliner, dan mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional. Lulusan akan mendapat gelar Magister Sains Ekonomi.

Beban studi

Penyelenggaraan program studi mengikuti Peraturan Rektor UI Nomor 015 Tahun 2016. Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Ekonomi memiliki beban studi 42 SKS, terdiri dari 32 SKS dari perkuliahan dan 10 SKS dari penelitian yang dirancang untuk 4 semester secara penuh waktu. Masa studi maksimal adalah 6 semester.

Program Dalam Negeri dan Program Joint Degree

Mahasiswa program dalam negeri mengambil semua kredit di Universitas Indonesia. Mahasiswa program joint degree mengambil sebagian kredit di Universitas Indonesia dan sebagian di universitas mitra. Program dalam negeri dirancang untuk 4 semester di UI, sedangkan program joint degree dirancang untuk 2 semester di UI dan 2 semester di universitas mitra asing (overseas).

Mahasiswa program joint degree akan berstatus aktif di UI pada semester 1 dan 2, kemudian berstatus overseas pada semester 3 dan 4. Karena adanya perbedaan kalender akademik antara UI dan universitas mitra asing, maka beberapa mahasiswa program joint degree berstatus overseas sampai dengan semester 5.

Kredit perkuliahan

Pada program dalam negeri, perkuliahan terdiri dari mata kuliah wajib program studi 24 SKS dan mata kuliah peminatan 8 SKS. Mata kuliah wajib program studi ditujukan untuk membentuk kompetensi utama, terdiri dari mata kuliah Teori Ekonomi Makro, Teori Ekonomi Mikro, Matematika Ekonomi, Ekonometrika, Metodologi Penelitian dan Proposal Penelitian. Mata kuliah peminatan dibedakan ke dalam mata kuliah wajib bidang peminatan dan mata kuliah peminatan bebas. Terdapat 7 pilihan bidang peminatan (keterangan di bawah). Setiap bidang peminatan memiliki dua mata kuliah wajib peminatan. Selain itu mahasiswa harus mengambil dua mata kuliah peminatan tambahan, seperti Game Theory untuk Ekonomi Terapan, Model Keseimbangan Umum, Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, atau mata kuliah pada bidang peminatan yang berbeda.

Pada program joint degree, perkuliahan terdiri dari mata kuliah wajib program studi 24 SKS dan mata kuliah peminatan 4 SKS. Seluruh mata kuliah diambil pada kelas berbahasa Inggris.

Bidang peminatan

Tujuh bidang peminatan yang ditawarkan adalah

1. Ekonomi Moneter dan Keuangan

Bidang kekhususan ini mengkaji secara khusus kinerja sektor moneter dan pasar uang dalam kaitannya dengan sistem perekonomian secara keseluruhan untuk mempengaruhi kesempatan kerja, output, inflasi dan neraca pembayaran, dengan fokus umumnya pada penentuan tingkat suka bunga dan nilai tukar. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Moneter dan Ekonomi Keuangan

2. Ekonomi Internasional

Bidang kekhususan ini mengkaji pengaruh perbedaan sumber daya dan preferensi konsumen antar negara dan peran kelembagaan internasional terhadap kegiatan ekonomi di suatu negara dan mencoba menjelaskan pola dan konsekuensi dari transaksi dan interaksi di bidang perdagangan dan investasi antar negara yang mempengaruhi aliran barang dan jasa keluar atau masuk ke suatu negara. Mata kuliah peminatan wajib: Perdagangan Internasional dan Keuangan Internasional

3. Ekonomi Regional dan Perkotaan

Bidang kekhususan ini mengkaji permasalahan di suatu wilayah khususnya perkotaan, seperti  masalah kepadatan, lokasi, transportation, migrasi, penggunaan tanah, lingkungan, dengan menggunakan ilmu ekonomi yang memperhatikan dimensi spasial untuk memahami proses ekonomi yang melatarbelakangi perkembangan wilayah perkotaan dan daerah sekitarnya. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Regional dan Ekonomi Perkotaan.

4. Ekonomi Publik

Bidang kekhususan ini mengkaji peranan sektor publik untuk meningkatkan pertumbuhan, kesejahteraan sosial, efisiensi dan pemerataan dalam perekonomian melalui kebijakan anggaran penerimaan dan pengeluaran dan kebijakan publik lainnya. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Publik dan Keuangan Publik.

5. Ekonomi Industri

Bidang kekhususan ini mengkaji perilaku perusahaan, industri, dan pasar untuk memahami topik seperti penentuan tingkat kapasitas berproduksi, output dan harga, keputusan terhadap diferensiasi produk, investasi dalam kegiatan penelitian dan pengembangan, perilaku industri yang ditunjukkan misalnya dengan tingkat kompetisi pasar, dan pengaruh kebijakan dan regulasi terhadap tingkat kompetisi pasar. Mata kuliah peminatan wajib: Organisasi Industri 1 dan Organisasi Industri 2.

6. Ekonomi Tenaga Kerja

Bidang kekhususan ini mengkaji fungsi dan dinamika pasar tenaga kerja, utamanya tenaga kerja yang menerima upah, dengan menganalisis interaksi antara pekerja dan pemberi kerja dan memahami keterkaitannya dengan kondisi upah, kesempatan kerja, dan pendapatan yang terjadi. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Tenaga Kerja 1 dan Ekonomi Tenaga Kerja 2.

7. Ekonomi Pembangunan

Bidang kekhususan ini mengkaji berbagai aspek ekonomi dalam proses pembangunan di negara berpendapatan rendah yang dapat mendorong pembangunan ekonomi, pertumbuhan, perubahan struktural, dan pengembangan kualitas penduduk dalam hal kesehatan dan pendidikan, untuk tujuan menentukan kebijakan dan strategi pembangunan pada tingkat domestik atau internasional. Mata kuliah peminatan wajib: Ekonomi Pembangunan dan Analisis Kuantitatif untuk Ekonomi Pembangunan.

Kredit penelitian

Untuk program dalam negeri, mahasiswa harus memenuhi 10 SKS dari kegiatan penelitian yang meliputi dua komponen: (i) ujian tesis, dan (ii) publikasi ilmiah.  Ujian tesis dilakukan secara tertutup di program studi setelah mahasiswa melakukan Seminar Proposal, Seminar Hasil Penelitian, dan menyerahkan tesis siap uji. Publikasi ilmiah dilakukan pada jurnal ilmiah nasional atau proceeding internasional, sesuai dengan ketentuan Rektor UI yang berlaku.

Untuk program joint degree, mahasiswa juga harus memenuhi 10 SKS kegiatan penelitian yang terdiri dari tesis dan publikasi ilmiah. Tesis dan ujian tesis akan diselesaikan di universitas mitra, sedangkan publikasi ilmiah dapat dipenuhi setelah menyelesaikan studi di universitas mitra. Sama dengan program dalam negeri, publikasi ilmiah mahasiswa program joint degree dilakukan pada jurnal ilmiah nasional atau proceeding internasional, sesuai dengan ketentuan Rektor UI yang berlaku.

Informasi lain-lain

Pada Program S2 Ilmu Ekonomi memiliki mitra kerjasama yang sangat bervariasi antara lain dengan Pusbindiklatren Bappenas, PPSDM Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Badan Pusat Statistik, Badan Kebijakan Fiskal, LPDP Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dsb. Kerjasama yang dilakukan yaitu kerjasama akademik penyelenggaraan diklat gelar jenjang S2.

Pada tahun 2018 ini program kerjasama yang sedang berjalan adalah

  1. Pusbindiklatren Bappenas; dengan jumlah mahasiswa kerjasama adalah 56 Mahasiswa aktif Program Reguler dan Program Linkage/Joint Degree.
  2. PPSDM Kementerian Keuangan; dengan jumlah mahasiswa kerjasama adalah 51 mahasiswa aktif untuk Program Reguler dan Linkage/Joint Degree.
  3. Badan Pusat Statistik; dengan jumlah mahasiswa kerjasama adalah 27 mahasiswa aktif Program Reguler.

Kontak Staff Akademik 

Jika memerlukan informasi lebih lanjut mengenai Program Magister Ilmu Ekonomi silahkan menghubungi staf akademik berikut ini:

  1. Program S2 Ilmu Ekonomi Kelas Reguler : Sdr. Mirna Abas (021-78849153; Ext 877)
  2. Program S2 Ilmu Ekonomi Kelas Linkage/Joint Degree: Sdr. Eka Prasetyawan (021-78849152; Ext 854)

© 2019 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia