Apa itu PPIE

Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Program Magister dan Program Doktor di bidang Ilmu Ekonomi, berdasarkan ijin operasional SK Dirjen Dikti No. 577/DIKTI/Kep/1993 tentang Pengesahan Penyelenggaraan Program Studi Magister dan Doktor di Universitas Indonesia. Kedua program berhasil mempertahankan status akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang berlaku sampai dengan 26 September 2022 untuk Program Magister dan 23 Oktober 2019 untuk Program Doktor.

Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Ekonomi dan Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi dirancang untuk mencapai kompetensi utama yaitu:

(1) mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu ekonomi makro dan mikro.

(2) mampu mengembangkan teori ekonomi dan metode empiris dengan pengembangan interdispliner, multidisipliner, dan transdisipliner untuk memecahkan masalah sosial /ekonomi.

(3) mampu menyusun analisis ekonomi dengan landasan kerangka teoritis dan metode empiris yang tepat dan terkini.

(4) mampu mengelola riset ilmu ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.

Lulusan Program Magister dan Doktor Ilmu Ekonomi diharapkan dapat bekerja sebagai tenaga ahli dan profesional yang andal melakukan kajian ekonomi di bidang makro dan mikro yang menjawab kebutuhan akademik, pemerintahan, dan sektor swasta.

© 2019 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia