Program Doktor

Tujuan (profil lulusan)

Kurikulum Program Doktor Ilmu Ekonomi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu merumuskan permasalahan sosial dan ekonomi dengan teori ekonomi dan metode empiris terkini secara komprehensif dan terintegrasi dengan mengembangkan kegiatan penelitian melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner untuk menghasilkan karya yang kreatif, original dan teruji yang mendapat pengakuan nasional/internasional

Beban studi

  • 50 SKS (tidak termasuk program matrikulasi), terdiri dari 22 SKS perkuliahan dan 28 SKS penelitian.
  • Kurikulum dirancang untuk dapat diselesaikan dalam 6 semester secara penuh waktu (tidak termasuk program matrikulasi 2 semester). Batas masa studi selama-lamanya 10 semester di luar program matrikulasi.

Bidang Peminatan

Mahasiswa harus memilih satu dari 7 bidang peminatan di program studi dan memilih topik penelitian disertasi yang relevan dengan bidang peminatannya.

 

Program Doktor Ilmu Ekonomi menerima calon mahasiswa lulusan magister yang tidak sebidang dan lulusan program magister yang sebidang dengan waktu kelulusan lebih dari 5 tahun, untuk mengikuti program matrikulasi.

Program matrikulasi

Program matrikulasi bertujuan menyelaraskan kemampuan mahasiswa dengan kemampuan minimal yang diperlukan untuk mengikuti Program Doktor. Program studi mewajibkan mahasiswa: (a) lulusan program magister yang tidak sebidang, (b) lulusan program magister yang sebidang dengan waktu kelulusan lebih dari 5 tahun, untuk mengikuti program matrikulasi.

Beban studi program matrikulasi

Program matrikulasi memiliki beban studi maksimal 24 SKS untuk 2 semester. Mahasiswa dapat melanjutkan ke Program Doktor jika telah dinyatakan lulus pada program matrikulasi, yaitu (i) telah lulus semua mata kuliah matrikulasi, dan (ii) IPK pada program matrikulasi minimal 3.00.

Informasi lain-lain

Pada Program S3 Ilmu Ekonomi memiliki mitra kerjasama yang sangat bervariasi antara lain dengan Bappenas, Kementerian Perindustrian, Badan Pusat Statistik, LPDP Kementerian Keuangan, Bank Indonesia dan DIKTI. Kerjasama yang dilakukan yaitu kerjasama akademik penyelenggaraan diklat gelar jenjang S3/Doktor. Kegiatan kerjasama yang sedang berjalan pada tahun 2018 ini adalah LPDP Kementerian Keuangan, DIKTI dan BPS.

Kontak Staf Akademik

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai Program Doktor Ilmu Ekonomi, silahkan menghubungi staf akademik berikut:

  • Program S3 Ilmu Ekonomi : Sdr. Mila Yuniati (021-78849152, Ext 877) dan Sdr. Suryati (021-78849152, Ext 853)

 

 

© 2019 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia